Keunikan Tahun Kabisat: Tradisi dan Peristiwa yang Hanya Terjadi Setiap Empat Tahun

Keunikan Tahun Kabisat Tradisi dan Peristiwa yang Hanya Terjadi Setiap Empat Tahun nwdzz.com

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki 366 hari, bukan 365 hari seperti tahun biasa. Penambahan satu hari ini terjadi pada bulan Februari, yang memiliki 29 hari bukan 28 hari. Ini dilakukan untuk menjaga kalender kita tetap sinkron dengan tahun astronomi karena Bumi mengelilingi Matahari dalam waktu sekitar 365, 25 hari. Jadi, setiap empat tahun, penambahan satu hari (29 Februari) diperlukan untuk mengkompensasi kelebihan waktu tersebut

Secara sederhana, tahun kabisat adalah penyesuaian yang kita lakukan untuk memastikan bahwa kalender kita tetap akurat dari tahun ke tahun.

Perayaan tahun kabisat bervariasi di berbagai negara, dan beberapa tradisi unik meliputi:

La Bougie du Sapeur
www.journaux.fr

Prancis: Penerbitan surat kabar satir “La Bougie du Sapeur” yang hanya terbit setiap empat tahun pada tanggal 29 Februari.

Decorating a birch tree in Germany
www.civitatis.com

Jerman: Tradisi menghiasi pohon birch dengan pita kertas sebagai janji cinta pada Hari Kabisat.

Irlandia dan Inggris Bachelors Day
www.movieinsider.com

Irlandia dan Inggris: Bachelors’ Day, di mana wanita dapat melamar pria, dan jika lamaran ditolak, pria tersebut harus memberikan kompensasi.

Selain itu, tahun kabisat juga sering diisi dengan konser musik penyanyi kelas dunia dan pemilihan umum di beberapa negara. Tahun kabisat merupakan kesempatan untuk merayakan dan menghargai hari tambahan yang kita miliki setiap empat tahun sekali. 

Sumber:

1. detik.com
2. msn.com
3. travel.tempo.co



Share: